Senin, 19 Februari 2018

10 TIPS MENJAGA KULIT TETAP SEHAT

15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih

   Sebagai perempuan, kita semua pasti melakukan usaha tanpa henti untuk menjaga kulit, rambut, bahkan kuku kita agar nampak sehat. Bahkan industri perawatan dan kecantikan pun mengambil keuntungan dari fakta ini dan mengeluarkan produk-produk baru setiap harinya. Pemasaran jitu mereka mampu memengaruhi orang, dan kami yakin Anda termasuk di antaranya, untuk membeli produk mereka. Namun acap kali hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan harga yang mereka banderol. Dalam hal ini, kami yakin bahwa untuk memenuhi hasrat memiliki kulit yang sehat dan nampak muda tidak berarti Anda harus mengeluarkan banyak uang untuk produk-produk serta perawatan kecantikan yang mahal. (Baca Juga: Merk Concealer Untuk Kulit Berminyak , Merk Foundation untuk Kulit Sawo Matang)

Ingat, kulit adalah organ tubuh yang paling besar. Kulit yang sehat dan nampak muda dan cerah adalah tanda kesehatan/kesejahteraan (well-being) seseorang. Dari pola makan yang baik hingga olahraga rutin, perawatan kulit sehari-hari hingga pola tidur, semuanya memengaruhi kualitas kulit Anda. (Baca juga: Penyebab kulit cepat keriput)

Menjaga kulit agar nampak sehat dapat dicapai dengan cara yang tepat. Berikut 15 Cara Merawat Kulit Agar Tetap Sehat dan Bersih:

    Gunakan sunscreen
Salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk merawat dan menjaga agar kulit Anda tetap cantik adalah dengan melindunginya dari sinar matahari. Paparan sinar matahari selama Anda hidup adalah salah satu penyebab kulit menjadi keriput, munculnya bintik hitam (age spots), dan masalah kulit lainnya. Matahari memerankan peran penting dalam penuaan dini pada kulit. Inilah pentingnya melindungi kulit Anda dari sinar matahari setiap hari, meski sedang musim panas maupun penghujan. (Baca uga: Cara Meratakan Warna Kulit Tangan , Merek Sabun Pemutih Badan Permanen)

Sebelum keluar rumah, aplikasikan sunscreen (minimal SPF 30) pada seluruh bagian tubuh yang tidak terlindungi dan punya kans terpapar sinar matahari. Gunakan sepanjang hari saat Anda berada di luar ruangan, selalu bawa sebotol lotion di tas Anda untuk berjaga-jaga. Anda juga bisa menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan SPF tinggi yang dapat melembapkan sekaligus melindungi kulit Anda. (Baca Juga: Cara Mengatasi Kulit Kering Dan Gatal)

Konsumsi 5 porsi buah dan sayuran setiap hari
Buah dan sayuran kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan. Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan meremajakannya. Vitamin A juga merupakan antioksidan lainnya yang membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaganya dari kerusakan. Diet yang kaya akan buah dan sayur dapat membuat kulit nampak sehat dan cerah. (Baca Juga: Cara Memanjangkan Rambut Dengan Bawang Merah , Cara Menghilangkan Selulit di Paha)

     Cuci wajah sehari sekali
Kecuali kulit Anda mudah berjerawat, para dermatologis menganjurkan untuk mencuci wajah cukup sekali dalam sehari, yaitu pada malam hari sebelum tidur, dan gunakan cleanser yang lembut. Hal ini sekaligus untuk menghilangkan sisa makeup, polusi, dan partikel-partikel lain yang menempel pada kulit. Bila Anda terbiasa mencuci wajah di pagi hari, cukup bilas dengan air tanpa menggunakan produk apapun. Terlalu sering mencuci wajah dapat menyebabkannya kering, terutama bila Anda memiliki kulit kering dan sensitif.

Artikel terkait: Cara merawat wajah sensitif, cara mengatasi kulit kering dan gatal

Hindari scrubbing berlebihan
Mengelupas kulit dengan lembut adalah cara yang jitu untuk menghilangkan sel kulit mati dan kembali mencerahkan kulit. Namun proses pengelupasan yang berlebihan justru menyebabkan iritasi dan peradangan. Biasanya saat menggunakan scrub, kita cenderung menggosok kulit secara berlebihan. Gesekan yang terjadi secara konstan ini dapat mengikis lapisan kulit yang mengandung minyak alami, sehingga menyebabkan kulit iritasi dan kering. Bahkan dapat menyebabkan hyperpigmentation yan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar