Kamis, 28 April 2016

Membaca Surat Al-KAHFI di hari Jum'at




 Membaca Al-Quran merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahkan memotivasi umatnya agar terus menerus membaca Al-Quran, serta tidak melupakannya. Dalam membaca Al-Quran, ada satu kebaikan yang dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan, bagi setiap huruf dari Al-Quran yang dibaca.
Selain membaca Al-Quran secara umum, ada juga beberapa surat dalam Al-Quran yang perlu dibaca dalam waktu-waktu khusus. Diantaranya adalah surat Al-Kahfi.
Surat Al-Kahfi merupakan salah satu surat yang dianjurkan untuk dibaca di waktu khusus. Kapan saja waktunya?. Dan apa saja keutamaannya?
Dari sahabat Abu Said Al-Khudzri, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ من النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dia akan diterangi dengan cahaya antara dia dan ke Baitul Atiq (Mekkah).” (HR. Ad-Darimi, no. 3407, Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albany dalam Shahih Al-Jami, no. 6471).
Dari hadits di atas terlihat jelas bahwa membaca surat Al-Kahfi disyariatkan ketika kita berada di malam Jumat.
Selain hadits di atas, ada juga hadits lainnya yang menjelaskan tentang kapan waktu khusus untuk membaca surat Al-Kahfi, diantaranya adalah di hari Jumat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الكهف فِيْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ 

الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka dia akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jum’at.” (HR Al-Hakim dan Al-Baihaqi)
Jadi membaca surat Al-Kahfi disyariatkan dibaca semenjak matahari terbenam di hari Kamis hingga sore hari Jumat.
Dan selain diterangi oleh cahaya, bagi siapa yang menghafal 10 ayat dari surat Al-Kahfi akan mendapatkan keutamaan lainnya. Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُوْرَةِ الكهف عُصِمَ مِنْ فِتْنَةْ الدَّجَّالِ

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.”
Semoga kita bisa melaksanakan sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan terus istiqamah dalam mengamalkannya. (ar)
Dan buat lebih lengkapnya yg ingin mendownload mp3 surat AL-Kahfi berikut Disini
Dikutip dari Gema Islam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar